IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI PESANTREN TRADISIONAL

Studi di Pesantren Cintawana Kabupaten Tasikmalaya

Penulis

  • Kamilatul Munawaroh UNIVERSITAS SILIWANGI
  • Lilis Karwati Universitas Siliwangi
  • Lulu Yuliyani Universitas Siliwangi

Abstrak

Implementasi pendidikan karakter merupakan salah satu upaya penerapan pendidikan karakter yang dilaksanakan untuk mengembangkan nilai-nilai karakter yang baik pada diri peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengimplementasikan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Tradisional serta nilai-nilai yang terbangun dari adanya implementasi pendidikan karakter di Pesantren Cintawana. Penelitian ini dilakukan sejalan dengan ditemukannya beberapa permasalahan yang terjadi terhadap generasi bangsa saat ini yakni semakin menurunnya moral generasi bangsa yang disebabkan oleh kurangnya penerapan pendidikan karakter di lingkungan pendidikan maupun di lingkungan keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penomenologi. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu Pemimpin Pesantren, Ustadz, Santri dan Orangtua santri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan di Pesantren Tradisional Pondok Pesantren Cintawana didukung oleh beberapa strategi yaitu menciptakan lingkungan budaya moral yang positif, mengajarkan makna nilai moral melalui kurikulum, dan menjadikan peran ustadz sebagai pengasuh, contoh dan mentor. Adapun penerapan pendidikan karakter di Pesantren Cintawana dilaksanakan melalui model-model kegiatan pembiasaan. Simpulan yang diharapkan dari pendidikan karakter tersebut yaitu dapat terbangunnya nilai-nilai karakter yang baik pada diri santri seperti terbangunnya nilai, religius, nilai tanggung jawab, nilai kemandirian dan nilai kedisiplinan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fadlillah, Muhammad & Lilif Mualifat. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Geertz, Cliffor. (1981). Abangan, Santri, Dan Priyayi Dalam Masyarakat Jawa. Jakarta: Pustaka

Kamil, Mustafa. (2011). Pendidikan Nonformal (Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dari Komikan Jepang).Bandung : ALPABETA

Kartadinata, S., et al. (2015). Pendidikan Kedamaian. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Saptomo. (2011). Dimensi-dimensi pendidikan karakter: Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta. Erlangga

Sudjana, Djudju. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukitman, Tri. (2015). Bimbingan Konseling Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta. Diva Press

Sulistyowati, E. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter (Dilengkapicara penyusunan dan contoh dokumen KTSP silabus dan RPP integrasi nilai budaya dan karakter bangsa). Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.

Aliyah. (2018). Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu dan Sharaf dengan Menggunakan Kitab Kuning. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol 6(1)

Karwati, Lilis. (2020). Pendampingan Orangtua Pada Anak Pengguna Gawai di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah PTK PNF. 15(1), 33-40. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1501.4.

BNN. (2019). Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat. Retrived from: http://bnn.go.id/Penggunaan-narkotika-kalangan-remaja-meningkat/.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-17

Cara Mengutip

Munawaroh, K., Karwati, L., & Yuliyani, L. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI PESANTREN TRADISIONAL: Studi di Pesantren Cintawana Kabupaten Tasikmalaya. JoCE (Journal of Community Education), 3(1), 6–13. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/6273

Terbitan

Bagian

Artikel