KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI HIMPUNAN

Authors

  • Siti Romlah Rahmayani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v7i1.1800

Abstract

Artikel ini adalah hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi himpunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Materi himpunan merupakan materi yang dipelajari oleh siswa kelas VII SMP. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis dengan bentuk uraian. Sebelum tes komunikasi matematis digunakan, tes tersebut divalidasi terlebih dahulu. Hasil penelitian ini menunjukan nilai hasil tes komunikasi matematis siswa 15 % pada kategori tinggi, 70 % pada kategori sedang dan 15 % pada kategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-03-30