OPTIMALISASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 WATUBELAH MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI TEAM GAMES TOURNAMENT
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v13i2.13118Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang terbatas, metode pembelajaran yang monoton, serta kurangnya keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV sekolah dasar melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan pendekatan Team Games Tournament (TGT). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas IV SDN 02 Watubelah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis TGT mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa, yang ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 80,48 dan meningkat menjadi 95,63 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan kombinasi kedua model pembelajaran ini dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
