IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SUGGESTOPEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Nur Syaida Universitas Madako Tolitoli
  • Moh. Rudini Universitas Madako Tolitoli
  • Hamna Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v13i2.13128

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDI Nurul Ihsan melalui penerapan metode Suggestopedia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra-siklus hanya 43% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I, persentase ketuntasan tidak mengalami peningkatan signifikan dan tetap di angka 43%. Namun, pada siklus II terjadi peningkatan drastis, di mana 100% siswa mencapai KKM. Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode Suggestopedia efektif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap bacaan. Dengan demikian, metode ini layak diterapkan sebagai alternatif strategi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di tingkat sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-16