PERAN MATERI MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v13i2.13131Abstrak
Di era pendidikan yang sangat pesat, pendidikan menjadi fondasi utama untuk menghadapi tantangan saat ini dan membentuk generasi unggul. Pendidikan bukan hanya untuk memberikan ilmu pengetahuan, tetapi juga untuk membentuk karakter siswa, termasuk sikap toleransi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pendidikan multikultural dapat diterapkan di SDN Karet 01 Pagi dan bagaimana pengaruhnya terhadap sikap toleransi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif melalui wawancara guru dan siswa kelas 6. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan multikultural di SDN Karet 01 Pagi telah diterapkan dan sangat efektif dalam membentuk karakter setiap siswa melalui pembelajaran di dalam kelas maupun kegiatan ekstrakurikuler. Dalam penerapan multikultural guru berperan penting dalam membentuk karakter setiap siswa. Siswa menunjukan perubahan sikap yang lebih menghargai teman dengan latar belakang yang berbeda, serta mengantisipasi tindakan diskriminasi dan bullying. Dengan demikian, pendidikan multikultural dapat berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang harmonis.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
