PERAN MATERI MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI SISWA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Erina Fatihah Universitas Negeri Jakarta
  • Mahmud Yunus Universitas Negeri Jakarta
  • Marsha Dilla Universitas Negeri Jakarta
  • Salsabilla Azzahra Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v13i2.13131

Abstrak

Di era pendidikan yang sangat pesat, pendidikan menjadi fondasi utama untuk menghadapi tantangan saat ini dan membentuk generasi unggul. Pendidikan bukan hanya untuk memberikan ilmu pengetahuan, tetapi juga untuk membentuk karakter siswa, termasuk sikap toleransi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pendidikan multikultural dapat diterapkan di SDN Karet 01 Pagi dan bagaimana pengaruhnya terhadap sikap toleransi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif melalui wawancara guru dan siswa kelas 6. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan multikultural di SDN Karet 01 Pagi telah diterapkan dan sangat efektif dalam membentuk karakter setiap siswa melalui pembelajaran di dalam kelas maupun kegiatan ekstrakurikuler. Dalam penerapan multikultural guru berperan penting dalam membentuk karakter setiap siswa. Siswa menunjukan perubahan sikap yang lebih menghargai teman dengan latar belakang yang berbeda, serta mengantisipasi tindakan diskriminasi dan bullying. Dengan demikian, pendidikan multikultural dapat berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang harmonis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-16