PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN FUNGSIONAL PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET B UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN WARGA BELAJAR

Penulis

  • Syarif Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v8i1.1807

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh model pengembangan pembelajaran keterampilan fungsional dalam meningkatkan kemandirian warga belajar.  Penelitian ini menggunakan metode riset dan pengembangan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, kuesioner, studi dokumentasi, dan diskusi kelompok. Subjek penelitian adalah  pengelola, tutor, dan warga belajar pendidikan kesetaraan program paket B di PKBM Al-Salaam dan PKBM Citra Purwakarta. Untuk mengetahui efektifitas model, data diolah dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata.  Hasil penelitian menunjukkan  bahwa kemandirian warga belajar Pendidikan Kesetaraan Program Paket B yang menggunakan model pembelajaran keterampilan fungsional lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran keterampilan fungsional. Sehubungan itu dalam upaya merekonstruksi pendidikan kesetaraan, merekomendasikan bahwa pada program pendidikan kesetaraan paket B dengan penerapan keterampilan fungsional yang mampu meningkatkan kemandirian warga belajar, menekankan pada upaya diversifikasi bahan ajar, media, serta strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan  pembentukan kemandirian warga belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Syarif Hidayat, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Pendidikan Luar Sekolah

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-04-30 — Diperbaharui pada 2020-03-30

Versi