Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2021-03-30. Baca versi terbaru.

PEMBELAJARAN DALAM MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v9i1.4313

Abstrak

Latar belakang dilakukannya penelitian adalah untuk mendalami permasalahan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran selama pandemi Covid-19 dengan tujuan untuk mengetahui 1) bagaimana implementasi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, dan 2) apa saja hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan melakukan kajian terhadap penelitian terdahulu. Data yang dianalisis dalam penelitian diperoleh melalui halaman Google Scholar dengan kata kunci “Covid-19 dan pendidikan”. Penelusuran pada halaman google scholar merujuk pada 6 jurnal yang memenuhi kriteria penelitian. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan beberapa hal diantaranya: 1) pembelajaran daring merupakan upaya terbaik yang dapat dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 khususnya dibidang pendidikan, 2) Pembelajaran daring dapat dilakukan dengan menggunakan beragam aplikasi berbasis internet seperti WhatsApp Group, Zoom Cloud Meeting, Google Classroom, Google Form, Quipper,  e-mail dan lain sebagainya, 3) kendala yang dihadapi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran daring diantaranya masih minimnya sarana dan prasarana penunjang, layanan internet yang tidak stabil, membutuhkan kuota yang cukup besar, belum meratanya sumberdaya manusaia yang menguasai tekhnologi dengan baik, komunikasi dalam proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik, terbatasnya metode pembelajaran yang diterapkan dalam kegiatan belajar, serta minimnya pengawasan terhadap perkembangan peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-30

Versi