PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN DI SDN SARKAMAL SITURAJA, INDRAMAYU

Penulis

  • Ayu Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v10i2.5925

Abstrak

Pandemi berdampak besar pada sektor pendidikan. Dalam surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19 menyatakan bahwa kesehatan adalah prioritas dalam melaksanakan kebijakan pendidikan. Sekolah-sekolah harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau proses pembelajaran dalam jaringan (daring). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran daring, faktor pendukung serta faktor Penghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19.  Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sarkamal, Situraja Gantar Indramayu dengan menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di SDN Sarkamal. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah pandemi covid-19 membawa dampak yang sangat besar terhadap proses pembelajaran dan penjaminan mutu pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka dialihkan menjadi pembelajaran daring. Ada beberapa faktor pendukung guru dalam proses pembelajaran daring yaitu ketersediaannya handphone, kuota dan jaringan internet yang stabil. Selain adanya faktor yang mendukung terdapat juga beberapa faktor penghambat. Faktor penghambat tersebut diantaranya adalah belum semua peserta didik memiliki handphone dan masih banyak orang tua sibuk bekerja dan faktor lainnya adalah jangkauan signal. Pembelajaran daring dilakukan dengan berbagai cara diantaranya Zoom meeting, WAG, Classroom, dan lain sebagainya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-30