ANALISIS KETERBACAAN BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS KELAS VIII TERBITAN YRAMA WIDYA DENGAN FORMULA FOG INDEX
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v13i1.9852Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan keterbacaan pada buku teks pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi Yadi Mulyadi dkk. terbitan Yrama Widya, dan 2) Mendeskripsikan kesesuaian teks di dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi Yadi Mulyadi dkk. terbitan Yrama Widya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian studi pustaka. Subjek pada penelitian menggunakan buku teks Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII Berdasarkan Kurikuum 2013 Edisi Revisi Yadi Mulyadi dkk. terbitan Yrama Widya yang berjudul Buku Siswa Bahasa Indonesia. Metode dan teknik pengumpulan data yang dugunakan diantaranya metode dokumentasi, teknik yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Instrumen yang digunakan merupakan formula fog index. Hasil penelitian menunjukan Keterbacaan buku teks pada buku siswa bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 karangan Yadi Mulyadi dkk. terbitan Yrama Widya, dianggap mudah untuk di pahami. Ketetapan tersebut berdasarkan pada hasil penelitian yang membuktikan nilai rata-rata keseluruhan teks yang telah diteliti menghasilkan nilai 5,77.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
