PENGEMBANGAN SDM ORGANISASI PENDIDIKAN : PENELITIAN PADA MUSYRIF SMK DAARUT TAUHIID BOARDING SCHOOL BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.35706/muntazam.v6i01.13307Abstract
Sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor dominan dalam suatu institusi, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Pendidikan memerlukan SDM berkualitas untuk melaksanakan perannya dalam melayani kebutuhan pendidikan masayarakat. Kebutuhan pendidikan tersebut meliputi kebutuhan yang bersifat praktis situasional maupun bersifat prediktif antisipatif bagi transformasi sosial. Untuk itu, sangat penting upaya pengembangan SDM bagi terwujudnya SDM bidang pendidikan yang berkualitas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan mendapatkan data dari hasil wawancara dan dokumen pendukung. Hasil dari penelitian ini bahawasanya musyrif SMK Daarut Tauhiid Boarding School dalam melakasanakan Pengembangan SDM dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan, baik secara formal maupun informal, yang dilaksanakan secara simultan berkelanjutan. Terdapat lima domain SDM yang dipandang penting dalam pengembangan SDM bidang pendidikan. Kelima domain tersebut adalah: profesionalitas, daya kompetitif, kompetensi fungsional, keunggulan partisipatif, dan kerja sama. Namun demikian, pengembangan terhadap kelima domain SDM tersebut diperlukan total quality qontrol (TQC) dan program diklat terpadu agar tercapai efektivitasnya.
Downloads
References
A Rusdiana. Pengembangan Organisasi Lembaga Pendidikan. Edited by Beni Ahmad Saebani. 1st ed. Bandung: CV Pustaka Setia, 2016.
———. Pengembangan Organisasi Lembaga Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2016.
Adam Indrawijaya. Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.
Adiyono. “Implementasi Pembelajaran: Peluang Dan Tantangan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Muara Komam.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021): 5017–23.
Afrizal. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT, RajaGrafindo Persada, 2014.
Agama, Menteri, Menteri Kesehatan, D A N Menteri, Dalam Negeri, Panduan Pei, and Yelenggaraan Pembelajaran. “Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Risbt, Dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia,” 2021.
Panji Hendrarso. “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Perguruan Tinggi Menuju Era VUCA : Studi Fenomenologi Pada Perguruan Tinggi Swasta.” Prosiding Seminar Stiami 7 no 2, no (2020): 1–9.
Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin ( Studi Pada Siswa Di Mi Nihayatul Amal Gunungsari Cirebon ).” Urnal Ilmu Pendidikan, J 3(6), 41 (2021).
Robert Presthus. The Organizational Society. New York Knopf, 1962.