Implementasi Kebijakan Pendidikan Diniyah: Studi Penelitian Di MDTA Al-Mu’awanah Cibiru Bandung

Authors

  • Leo Putra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wahyu Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v2i2.5889

Abstract

Kepala Daerah sebagai penyelenggara pemerintahan daerah bertindak mewakili pemerintah dalam segala hubungan hukum. Ia mempunyai kewenangan terhadap pengaturan kebijakan public maupun privat. Dengan demikian dalam praktek pembuatan peraturan perundang-undangan dapat lahir berdasarkan inisiatif badan legislatif atau inisiatif badan eksekutif. Kebijakan publik yang dikeluarkan oleh pemerintah/pemerintah daerah akan berdampak kepada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Berdasarkan studi kebijakan publik dapat dikatakan bawah kebijakan wajib belajar madrasah diniyah di MDTA Al-Mu’awanah Cibiru Bandung menunjukkan dampak positif terhdap penyelenggaraan pendidikan Islam. Indikator perubahan kearah yang lebih baik ditunjukkan oleh: (1) meningkatnya partisipasi peserta didik, (2) keragaman kualifikasi tenaga pendidik, (3) adanya standarisasi kurikulum, (4) tersedianya sarana pendidikan, (5) tersedianya pembiayaan, (6) terlaksananya kegiatan belajar mengajar sesuai kalender pendidikan, dan (7) pengelolaan pendidikan bersifat terbuka

Kata Kunci: Madrasah Diniyah, Kebijakan dan Wajib Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-28

How to Cite

Putra, L., & Hidayat, W. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Diniyah: Studi Penelitian Di MDTA Al-Mu’awanah Cibiru Bandung. MUNTAZAM, 2(2), 32–41. https://doi.org/10.35706/muntazam.v2i2.5889