Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum

Penulis

  • Julaeha UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muslimin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zaqiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.1212/mj.v2i01.5338

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana inovasi kurikulum berdasarkan karakteristik dan prosedur pengembangan beberapa inovasi kurikulum. Kurikulum sebagai salah satu komponen terpenting pendidikan harus melakukan perubahan dan pembaharuan untuk menghadapi tuntutan perkembangan zaman agar bisa menghasilkan lulusan atau SDM yang  mampu bersaing dizaman globalisasi ini. Kurikulum memegang kedudukan kunci dalam pendidikan, sebab berkaitan dengan penentuan arah, isi dan proses pendidikan, yang pada akhirnya menentukan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan. Kurikulum merupakan alat yang sangat penting dalam keberhasilan suatu pendidikan, tanpa adanya kurikulum yang baik dan tepat, maka akan mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang dicita-citakan. Inovasi kurikulum merupakan sebuah keniscayaan yang harus dipersiapkan untuk merespon kebutuhan dan tuntutan perkembangan zaman. Kebutuhan dan tuntutan masyarakat cenderung mengalami perubahan akibat kemajuan dan penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu perkembangan kurikulum tidak dapat dihindari seiring berjalannya waktu. Hal ini bertujuan agar bisa mengkasilkan karakter kurikulum yang sesuaidengan zaman. Oleh sebab itu, lembaga pendidikan memerlukan inovasi yang menyangkut pada masalah bagaimana mengembangkan kurikulum dengan melihat situasi dan kondisi yang ada.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-04