Vol 2 No 01 (2021): Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Keterampilan Abad 21

Perkembangan pesat dunia industri di abad 21 memberi efek disrupsi pada dunia pendidikan. Manajemen perlu menyesuaikan diri dengan kebutuhan pendidikan kekinian dengan berbasis penguatan keterampilan abad 21 agar dapat bersaing dan berkolaborasi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini tidak dapat ditawar lagi karena telah menjadi sebuah tuntutan global. Kepemimpinan, sumber daya manusia, pelanggan jasa pendidikan, layanan pendidikan, hingga mutu pendidikan harus mampu mengembaangkan keterampilan abad 21 secara profesional dan berkelanjutan.   Kemajuan ini perlu diantisipasi melalui manajemen pendidikan yang terencana, tersistem, akuntabel, dan bertanggungjawab. Manajemen pendidikan perlu melakukan inovasi sebagai upaya menjawab beragam tantangan sehingga lembaga pendidikan mampu berkolaborasi, meningkatkan kualitas, dan berdaya saing di tengah kompetisi global.

Diterbitkan: 2021-07-04