Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Al Qona’ah Baleendah Kabupaten Bandung

Authors

  • Ayi Najmul Hidayat Universitas Islam Nusantara Bandung
  • R. Supyan Sauri Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Nuron Rhamdani Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Rudi Alam Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Nany Kusmiyati Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Umi Mahmudah Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v4i01.8568

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendapatkan gambaran dan menganalisis tentang Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Al Qona’ah Baleendah Tahun Ajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan metodenya menggunakan metode deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui Observasi, wawancara dan studi dokumentasi, dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Bendahara, Guru, dan Komite Sekolah. Lokasi penelitian di SMA Al Qona’ah Baleendah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pembiayaan pendidikan di SMA Al Qona’ah Baleendah dilakukan dengan rapat bersama seluruh warga sekolah. (2) Teknik pengorganisasian pembiayaan pendidikan berdasarkan kepada standar yang diprioritaskan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. (3) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan dilakukan berdasarkan pedoman RKAS dan RAPBS serta dibuatkan laporan pertanggungjawaban setiap bulannya. (4) evaluasi pembiayaan dilakukan secara intern dan ekstern, yaitu secara intern dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Komite Sekolah, dan secara ekstren oleh Dinas Pendidikan Provinsi melalui Cabang Dinas Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-30

How to Cite

Ayi Najmul Hidayat, R. Supyan Sauri, Nuron Rhamdani, Rudi Alam, Nany Kusmiyati, & Umi Mahmudah. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Al Qona’ah Baleendah Kabupaten Bandung. MUNTAZAM, 4(01), 28–34. https://doi.org/10.35706/muntazam.v4i01.8568

Most read articles by the same author(s)