Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMA Al-Qona’ah Baleendah Kabupaten Bandung

Authors

  • Deti Rostini Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Kakay Karyana Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Rudi Alam Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Nuron Rhamdani Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Nany Kusmiyati Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v4i01.8569

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendapatkan gambaran tentang Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Sekolah Menengah Atas, pada aspek : (1) Perencanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), (2) Pengorganisasian Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), (3) Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), dan (4) Evaluasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan metodenya menggunakan metode deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui Observasi, wawancara dan studi dokumentasi, dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru. Lokasi penelitian di SMA Al Qona’ah Baleendah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Al Qona’ah Baleendah dilakukan dengan rapat bersama seluruh warga sekolah. (2) Teknik pengorganisasian Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) berdasarkan kepada standar yang diprioritaskan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. (3) Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dilakukan berdasarkan pedoman RKAS dan RAPBS serta dibuatkan laporan pertanggungjawaban setiap bulannya. (4) evaluasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) secara intern dan ekstern.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-30

How to Cite

Deti Rostini, Kakay Karyana, Rudi Alam, Nuron Rhamdani, & Nany Kusmiyati. (2023). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMA Al-Qona’ah Baleendah Kabupaten Bandung. MUNTAZAM, 4(01), 35–42. https://doi.org/10.35706/muntazam.v4i01.8569

Most read articles by the same author(s)