peran orang tua, perkembangan so Peran Pengasuhan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TKQ Al Banin

Penulis

  • Tasyia Khoerunissa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Salsabila Dwi Faisti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Deli Aulia Dina Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/murangkalih.v3i02.10233

Abstrak

Penelitian ini berhubungan dengan peran orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TKQ AlBanin, adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak. Jenis peneltian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah 1 anak laki-laki dan 1 anak perempuan yang tidak sepenuhnya diasuh oleh orang tua. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles and Huberman. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa permasalahan sosial emosional anak ditunjukkan dengan sikap dan tutur kata. Untuk itu penelitian ini diharapkan bagi penulis, pembaca, orang tua, dan guru dapat memahami bagaimana peran orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Islam. Jurnal Hawa. Vol. 1 No. 1.

Umroh Ida Latifatul. 2019. Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secara Islami Di Era Milenial. Ta'lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam. Vol. 2 No. 2.

Ayun Qurrotu. 2017. Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengusaha Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Thufula : Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. Vol. 5 No. 1

Age 2020. Jurnal Golden, and Universitas Hamzanwadi. “Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age . Vol. 4, No. 01

Amini, Mukti. 2015. “Profil Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Tk.” JIV-Jurnal Ilmiah Vol. 10. No. 1.

Elvrida Sandra Mantondang. 2016 “ Perilaku Prososial (PROSOCIAL BEHAVIOR) Anak Usia Dini dan Pengelolaan Kelsa Melalui Pengelompokkan Usia Rangkap (Multiage Grouping)”. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 8 No 1

Sarah Renata dkk, 2019 “Perilaku Prososial Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin dan Kepribadian” Jurnal Psikologi

Tri Ratna Sari. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus Di Keluarga Pedagang Ikan Rt 006 Rw 002 Kelurahan Ario Kemuning Kecamatan Kemuning Palembang). Skripsi.

Umayah. 201). “Golden Age Period ”. Pendidikan, Jurnal Islam Anak Usia Dini. Vol. 2. No. 1

Novianti, C., & Ferianto, F. (2023). The Position of Teachers in the Development of Early Childhood Character Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 54-62.

Putri, J., & Ferianto, F. (2023). Kemajuan Peradaban Islam Di Era Society 5.0. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 42-54.

Ferianto, F., Munafiah, N. U., Makbul, M., & Firmansyah, F. (2024). Ibnu Khaldun's Constructivism in Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 550-561.

Nirmala, I., Astuti, R., & Munir, M. (2024). Mengajar dengan Cerita: Pendekatan Berbasis Narasi dalam Pendidikan Pra-Sekolah yang Menyenangkan dan Ramah Anak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 457-467.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Khoerunissa, T., Faisti, S. D. ., & Dina, D. A. . (2022). peran orang tua, perkembangan so Peran Pengasuhan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TKQ Al Banin. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 45–55. https://doi.org/10.35706/murangkalih.v3i02.10233