PENGENALAN KONSEP MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN ALAT PERAGA

Penulis

  • Ijar Salna Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ajeng Ninda Uminar STIT Tanggamus

DOI:

https://doi.org/10.35706/murangkalih.v5i01.10823

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengenalan konsep matematika untuk anak usia dini menggunakan alat peraga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi analisis pustaka atau kepustakaan. Hasil penelitian, terdapat beberapa konsep matematika yang harus diajarkan kepada anak usia dini, yaitu: (1) Konsep angka (2) Konsep pola dan hubungan. Konsep geometri dan bangun ruang (4) Konsep memilih dan mengelompokkan (5) Konsep pengukuran (6) Konsep pengumpulan dan tampilan data. Dalam mengenalkan dan menanamkan konsep matematika pada anak usia dini diperlukan alat peraga, karena dapat membantu dan mempermudah pengenalan konsep matematika oleh guru kepada anak serta memiliki dampak positif dalam meningkatkan perhatian anak untuk menciptakan kegiatan belajar yang menyenangkan. Dengan alat peraga, maka dampak yang ditimbulkan dapat diamati secara nyata yaitu dengan adanya rasa antusiasme dan semangat belajar yang Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dalam pengenalan konsep matematika pada anak usia dini menjadi metode yang paling mudah dalam meningkatkan pemahaman terkait dengan konsep matematika pada anak usia dini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, Wati Oviana, DKK. (2011). Penggunaan Alat Peraga dari Bahan Bekas dalam Menjelaskan Sistem Respirasi Manusia di MAN SAWANG Kabupaten Aceh Selatan Kelas XI IPA. Jurnal Ilmial Ilmu Pendidikan Biologi. Vol.3 No.2

Amelia, Riska, DKK. (2020). Melalui permainan kartu angka sebagai alat untuk mengenalkan konsep lambang bilangan semi konkret 1 sampai 10 pada anak usia 4 sampai 5 tahunpenelitian quasi experiment. Jurnal Pendidikan Guru, Vol. 1 No 4

Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah Aritonang, Keke T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meingkatkan Hasil Belajar Siswa.

Jurnal Pendidikan Penabur. No.10 Tahun ke-7

Arjanggi, R dan Suprihatin, T. (2010). Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi Diri. Makara Sosial Humaniora.

Fitria, Analisa. (2013). Mengenalkan dan Membelajarkan Matematika Pada Anak Usia Dini.

Jurnal Studi Gender dan AnakVol. 1 No. 2

Fitriyanti. (2015). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Dengan Media Gambar Asosiatif Di Kelompok B TK Budi Rahayu. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta

Hasiana, Isabella, DKK. ( 2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi, Vol. 1 No. 2

Lestari KW. (2011). Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. Kementerian Pendidikan Nasional.

Murdiyanto, Tri, DKK. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sarwahita

Nasarudin. (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal: Al- Khawarizmi, Vol 3 Edisi 2

Nomleni, Fransina Thresiana, DKK. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8 No. 3

Pranata, Ella. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal: Pendidikan Matematika Indonesia, Vol 1 No 1

Pratiwi, W. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sujiono, Yuliani Nurani dan Sujiono, Bambang. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.

Syafri, Fatrima Santri. (2018). Pengajaran Konsep Matematika Pada Anak Usia Dini. Al- Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, Vol. 1 No 2

Tambun, Sarah Indah Elisabet, DKK. (2020). Analisis undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional mencakup bab iv pasal 5 mengenai hak dan kewajiban warga negara, orang tua dan pemerintah. Jurnal: Ilmu Sosial Dan Humaniora, Vol 1. No 1

Novianti, C., & Ferianto, F. (2023). The Position of Teachers in the Development of Early Childhood Character Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 54-62.

Pratama, M., & Munafiah, N. (2023). Berhitung Menggunakan Media Pohon Angka Anak Usia 5–6 Tahun Di Taman Kanak–Kanak Insan Mandiri Sidodadi. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 40-49.

Warmansyah, J. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Usia Dini

Putri, J., & Ferianto, F. (2023). Kemajuan Peradaban Islam Di Era Society 5.0. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 42-54.

Yulianty, Nirmalasari. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal: Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 4 No 1

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30

Cara Mengutip

Salna, I., & Ninda Uminar, A. . (2024). PENGENALAN KONSEP MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN ALAT PERAGA. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 20–29. https://doi.org/10.35706/murangkalih.v5i01.10823