PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN HAFALAN

DI TK KARTIKA XXI-17 KOTA TENGAH KOTA GORONTALO

Penulis

  • sukmimi mimi IAIN Gorontolo

Abstrak

Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini (1) bagaimana penguasaan hafalan di kelompok B (2) bagaimana penerapan metode talking stick (3) apa faktor pendukung dan faktor penghambat penguasaan hafalan, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan hafalan melalui metode talking sitck.Subjek penelitian yang berjumlah 25 orang anak terdiri dari: 10 laki-laki dan 15anak perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan anak dapat melafalkan makhrojul huruf dengan baik, kelancaran dan menyebutkan huruf Alquran sudah benar. Sehingga guru harus memilih metode yang tepat dalam penguasaan hafalan. Faktor pendukung anak sangat antusias dan semangat anak ketika menggunakan metode talking stick, karena anak merasa senang dalam usia nya yang berkisar antara 5-6 tahun. Metode talking stick menggunakan irama sehingga anak tidak bosan, dukungan orangtua. Faktor Penghambat kurangnya pengkondisian anak, fokus sering berubah-ubah, kejenuhan anak dalam menghafal, keterlibatan orangtua dirumah. Saran penelitian ini diharapkan bagi pendidik dan orangtua harus bekerjasama dalam pembelajaran hafalan anak, bagi penelitian anak akan menjadi pengalaman dalam memilih metode pembelajaran bagi anak usia dini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-03-24

Cara Mengutip

mimi, sukmimi. (2021). PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN HAFALAN: DI TK KARTIKA XXI-17 KOTA TENGAH KOTA GORONTALO. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/murangkalih/article/view/5146