ANALISIS KINERJA GURU TK BERDASARKAN SERTIFIKASI PROFESI

Penulis

  • Prima Suci Rohmadheny Universitas Ahmad Dahlan
  • Khusnul Khotimah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.35706/murangkalih.v3i01.5810

Abstrak

Abstrak

Sertifikasi guru merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kesejahteraan guru. Akan tetapi pada realita yang ada tidak semua guru yang sudah bersertifikasi memiliki kinerja yang sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ingin memperoleh informasi terkait perbedaan kinerja guru bersertifikasi dan guru belum bersertifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komparatif, untuk mengetahui perbedaan kinerja guru bersertifikasi dan guru belum bersertifikasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan  kriteria guru bersertifikasi tunjangan yayasan dan guru belum bersertifikasi di TK ABA Se-Kecamatan Banguntapan Bantul. Responden dalam penelitian  ini adalah 28 guru bersertifikasi dan 12 guru belum bersertifikasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan statistik non parametrik Uji Mann Withney menggunakan program SPPS versi 26 for windows 7. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara kinerja guru bersertifikasi dan guru belum bersertifikasi dikarenakan nilai asymp.sig lebih besar dari pada nilai probabilitas yaitu 0.882 > 0.05 sehingga Ha ditolak dan H0 diterima. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata (mean) guru bersertifikasi memperoleh skor 178.25 sedangkan guru belum bersertifikasi memperoleh skor 178 sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 0.25. Dengan demikian disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan. Pendidikan non formal guru TK ABA Se-Kecamatan Banguntapan Bantul melalui diklat, pelatihan, dan workshop berkontribusi terhadap kinerja guru PAUD yang belum bersertifikasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-08

Cara Mengutip

Suci Rohmadheny, P., & Khotimah, K. (2022). ANALISIS KINERJA GURU TK BERDASARKAN SERTIFIKASI PROFESI. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01). https://doi.org/10.35706/murangkalih.v3i01.5810