Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Gerak Koordinasi Mata dan Tangan Anak Usia 5-6 Tahun
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media busy book terhadap gerak koordinasi mata dan tangan anak usia 5-6 tahun pada siswa TK Kasih Sayang Ibu Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, penelitian ini dilakukan dengan membandingkan dua sampel kelas yaitu kelompok B2 yang terdiri dari 14 orang sebagai kelas atau kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan media busy book, dengan kelas atau kelompok B1 yang terdiri dari 18 siswa sebagai kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan dengan busy book. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara bereksperimen di dalam kelas dengan menggunakan RPP dan juga tes unjuk kerja pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka didapatkan Thitung sebesar 7,15 dan Ttabel sebesar 2,04, dengan kata lain bahwa Thitung (7,15) > Ttabel (2,04) maka dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media busy book terhadap perkembangan motorik halus gerak koordinasi mata dan tangan anak usia 5-6 tahun di TK kasih sayang ibu.
Kata Kunci: busy book, gerak koordinasi mata dan tangan
Unduhan
Referensi
Estrie Dwi, P. 2016. Koordinasi Mata Tangan dan Kaki Siswatunagrahita Kelas Atas SLB
Negeri 1 Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurusan Pendidikan
Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Fida Etrika, N (2017). Identifikasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di
Tk Gugus III Kecamatan Piyungan Bantul. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Fitriyah Qonitah Faizatul, dkk., 2020. Pengembangan Media Busy Book dalam
Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6 Issue 2 (2022). DOI:
31004/obsesi.v6i2.789
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Peraturan Mentri
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014.
“Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini”. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2015.
Mufliharsi Risa, 2017. Pemanfaatan Busy Book Pada Kosa kata Anak Usia Dini Di Paud
Swadaya Pkk. Universitas Indraprasta PGRI. Volume V Nomor 2. ISSN 2338-
Munafiah, N. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Untuk Meningkatkan
Kognitif Anak Tunarungu di TKLB YPPALB Putra Mandiri Kota
Magelang (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA).
Pangesti Nova Putri, dkk., (2019 Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia
-5 Tahun Melalui Media Busy Book. Kumara Cendekia Vol. 7 No. 4.
Sue Bredekamp, Carol Copple. (2014). Praktik Pengembangan yang Tepat dalam
Program-Program Pendidikan Anak Usia Dini.
Tasnila, 2012. Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Mata dan Tangan pada Anak
Tunagrahita Sedang. E-Jupekhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus). Vol.1/1.
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu. E-ISSN: 2622-507784 | Murangkalih : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini – (Dede Mariyah Ulfah)
Judul Jurnal: Pengaruh Penggunaan Media Busy BookTerhadap Gerak Koordinasi Mata Dan Tangan Anak
Usia 5-6 Tahun
Rahayu, E. T., Syafrida, R., Ferianto, F., Nurunnabilah, N., & Syahnurmala, H. (2023). Efektifitas Penggunaan Inovasi Media Kiorroga terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4232-4242.
Pratama, M., & Munafiah, N. (2023). BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA POHON ANGKA ANAK USIA 5–6 TAHUN DI TAMAN KANAK–KANAK INSAN MANDIRI SIDODADI. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 40-49.
Utomo Islamiah Arta, dkk (2018). Penerapan Strategi Bermain melalui Media Busy Book
untuk Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan,
Vol. 3, No. 12.
Ferianto, M. P. I., Munafiah, N. U., Makbul, M., Nurlaeli, H. A., & Suryana, S. (2023). Filsafat dan Teori Manajemen Pendidikan Islam. Penerbit Mangku Bumi.
Novianti, C., & Ferianto, F. (2023). The Position of Teachers in the Development of Early Childhood Character Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 54-62.