URGENSI BERMAIN DALAM MENGEMBANGKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI

Penulis

  • Lintang Ati Safitri Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/murangkalih.v3i02.8373

Abstrak

Artikel ini merupakan kajian tentang pemahaman orang tua mengenai urgensibermain yang dapat meningkatkan aspek perkembangan sosial pada anak usia dini. Lingkungan sekitar anak sangat berperan penting dalam perkembangan anak, terutama peran orang tua. Orang tua yang memahami pentingnya bermain bagi anak akan dapat membantu anaknya berkembang dengan baik. Bermain sangat penting untuk masa kanak-kanak karena anak- anak dapat belajar melalui bermain, melalui bermain anak dapat mengembangkan aspek sosial. Selama bermain, anak dapat melatih keterampilan sosial seperti kerjasama, menghargai sesama, berbagi dengan orang lain, menumbuhkan rasa empati, saling tolong menolong, menjadi pemimpin yang baik, bertanggung jawab dan jujur. Selain melatih keterampilan sosial anak, permainan juga dapat menambah banyak pengetahuan dan pengalaman baru bagi anak. Oleh karena itu, orang tua sebagai lingkungan utama anak yang harus memahami pentingnya bermain pada anak, sehingga dapat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.

Kata Kunci : Bermain, orang tua, perkembangan sosial            

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad Zaini (2015). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Vol. 3 No. 1. Jurnal Inovasi Pendidikan

Naili Rohmah. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Vol. 13 No. 2. Jurnal Tarbawi.

Novia Rahmadianti (2020). Pemahaman Orang Tua Dalam Mengenai Urgensi Bermain Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Vol. 4 No. 1. Jurnal Pendidikan.

Novianti, C., & Ferianto, F. (2023). The Position of Teachers in the Development of Early Childhood Character Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 54-62.

Putri, J., & Ferianto, F. (2023). Kemajuan Peradaban Islam Di Era Society 5.0. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 42-54.

Suryana, S., Ferianto, F., Makbul, M., & Munafiah, N. (2023). Penguatan Keterampilan Manajemen Konflik berbasis Pendidikan di Desa Sindangkarya Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3570-3577.

Nirmala, I., Astuti, R., & Munir, M. (2024). Mengajar dengan Cerita: Pendekatan Berbasis Narasi dalam Pendidikan Pra-Sekolah yang Menyenangkan dan Ramah Anak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 457-467.

Munafiah, N. U., Ferianto, F., Makbul, M., Suryana, S., & Ulya, N. (2024). PENDAMPINGAN PEMBIASAAN LITERASI SISWA SD MELALUI POJOK LITERASI DI DESA KUTAMANEUH, KARAWANG. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3147-3151.

Suryana, S., Ferianto, F., Makbul, M., & Munafiah, N. (2023). Penguatan Keterampilan Manajemen Konflik berbasis Pendidikan di Desa Sindangkarya Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3570-3577.

Nurlaeli, A., Ferianto, F., Makbul, M., & Munafiah, N. U. (2024). The Leadership Role of School Principals in Curriculum Management: Systematic Literature Review Analysis. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 16(1), 483-496.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Safitri, L. A. (2022). URGENSI BERMAIN DALAM MENGEMBANGKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 1–4. https://doi.org/10.35706/murangkalih.v3i02.8373