PENGARUH MEDIA KANTONG AJAIB TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA ANAK USIA 5-6 DI TK MEKAR SETAMAN

Penulis

  • Zikra Hayati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Hijriati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Asri Wijayanti UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.35706/murangkalih.v4i01.9126

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Media Kantong Ajaib Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 5-6 Tahun  di TK Mekar Setaman. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif yaitu One Group Pre-test and Post-test Design. Teknik analisis data digunakan adalah teknik uji normalitas, uji t dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan data Pre-test diperoleh nilai rata-rata 5,83 dan Post-test diperoleh nilai rata-rata 10,95. Hasil penerapan media kantong ajaib dapat mempengaruhi kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10. Sebagaimana yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 11,797>1.713 dimana α = 0,05 dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha berbunyi pengaruh penggunaan media kantong ajaib berpengaruh terhadap  kemampuan mengenal angka anak usia 5-6 tahun  di TK Mekar Setaman kota Fajar Aceh Selatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori Dan Aplikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fidayani, S., Fakhriah, & Yuhasriati. (2018). Penggunaan Media Kantong Ajaib Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Nur mishqi Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12.

Khoir, N., & Yulia, T. (2019). Internalisasi Media Pembelajaran Kantong Ajaib. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 42–55. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/15978

Maksudi, H., Wiharna, O., & Rohendi, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Dasar Memperbaiki Sistem Starter Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 174. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i2.4548

Piaget, J. (2010). Tingkat Perkembangan Kognitif. Gramedia.

Rahma, T. D., & Widyasari, C. (2023). Analisis Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Kantong Buah Pintar. 7(2), 2293–2300. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4120

Soemiarti Patmonodewo. (2015). Pendidikan Anak Pra Sekolah, Jakarta: Rineka cipta.

Suyanto, S. (2015). Pembelajaran Untuk anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Syukron Al Mubarok, A. A., & Amini, A. (2019). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar. Istiqra’, V(2), 173–179. https://jurnal.umpar.ac.id/

Zakharia, E. (2016). Upaya Pengembangan Kemampuan Mengenal Angka 1 - 10 Pada Anak di Taman Kanak-Kanak Kesuma Tanjung Karang Barat Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(11), 951–952.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-31

Cara Mengutip

Hayati, Z. ., Hijriati, H., & Wijayanti, A. (2023). PENGARUH MEDIA KANTONG AJAIB TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA ANAK USIA 5-6 DI TK MEKAR SETAMAN. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 12–18. https://doi.org/10.35706/murangkalih.v4i01.9126