Permainan Engklek Modifikasi Sebagai Alternatif Dalam Mengembangkan Motorik Kasar (Melompat) Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Miftahul Ulum
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa anak di TK Miftahul Ulum terdiri dari 9 wanita dan 1 lagi laki-laki yang sedang mengalami keterlambatan perkembangan motorik kasar yaitu melompat. Penerapan atau kegiatan menstimulasi anak diperlukan media yang akan digunakan, media yang kita gunakan adalah Engklek yang dimodifikasi. Sehingga nantinya anak akan mencoba permainan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Studi kasus dimana materi yang disajikan diperoleh dari beragam sumber, tulisan orang lain yang dipublikasikan pada jurnal, dan beberapa buku yang dibaca secara mendalam oleh peneliti. Analisis data dihasilkan dari paparan narasi hasil membaca, menganalisis,dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian diharapkan dapat mengembangkan aspek motorik kasar anak khususnya melompat sehingga anak dapat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan melompat tidak ada kendala dan mendapatkan perkembangan yang ideal
Kata Kunci: Engklek, Melompat, Motorik Kasar
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmayeti. 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan
Engklek Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi. PAUD Universitas Tanjungpura
Pontianak.
Decaprio, Ricahrd. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta:
Divapress.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa.
Jakarta: Gramedia.
Dharmamulya, Sukirman. dkk. 2008. Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: kepel
Press.
Fad, Aisyah. 2014. Kumpulan Permainan Anak Tradisional. Jakarta: Cerdas Interaktif.
Megarisna, Anggun. 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui
Permainan Tradisional Engklek Pada Peserta Didik Kelompok Bermain
Pelangi Batang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. PAUD IKIP PGRI Semarang
Mulyani, Sri. 2013. 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta:
Langensari Publishing.
Permendiknas Nomor 58 tahun 2009. Jakarta: Kemendiknas.
Pratama, M., Ferianto, Munafiah, N. 2023. Berhitung Menggunakan Media Pohon
Angka Anak Usia 5–6 Tahun Di Taman Kanak–Kanak Insan Mandiri
Sidodadi. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 40-49.
Rahmawati, Ami.2009. Permainan Tradisional Untuk Anak Usia 4-3 Tahun.
Bandung. Sandiarta Sukses.
Rahyubi, Heri. 2012. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik.
Majalengka: Referens.74 | Murangkalih: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini – (Puteri Regina Asmarani)
Judul Jurnal: Permainan Engklek Modifikasi Sebagai Alternatif Dalam Mengembangkan Motorik Kasar
(Melompat) Pada Anak Usia 5-6 Di Tk Miftahul Ulum
Soetjiningsih. 2012. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
Subkhi, Akhmad. 2013. Pengantar Teori dan Organisasi. Jakarta: Prestasi Puastaka
Raya.
Suryana, S., Ferianto, F., Makbul, M., & Munafiah, N. (2023). Penguatan Keterampilan Manajemen Konflik berbasis Pendidikan di Desa Sindangkarya Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3570-3577.
Sujiono, Yuliani Sujiono. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
Macanan Jaya Cemerlang.
Novianti, C., & Ferianto, F. (2023). The Position of Teachers in the Development of Early Childhood Character Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 54-62.
Sujono, Bambang. Dkk. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Ferianto, M. P. I., Munafiah, N. U., Makbul, M., Nurlaeli, H. A., & Suryana, S. (2023). Filsafat dan Teori Manajemen Pendidikan Islam. Penerbit Mangku Bumi.
Wahyuningsih, Sri. 2009. Permainan Tradisional Untuk Usia 4-5 Tahun. Bandung:
Sandiarta Sukses