PERANCANGAN APE MISTERY BOX DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Eka Novitasari IAIN Madura
  • Puteri Regina Asmarani Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Nurul Azizah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Luthfatun Nisa Institut Agama Islam Negeri Madura

Abstrak

Penelitian ini menyajikan desain APE Mystery Box untuk membantu pendidikan matematika anak usia dini. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi potensi dan tantangan yang mungkin timbul dari pelaksanaannya. Untuk mencapai hal tersebut, dilakukan kajian literatur terhadap penelitian yang ada terkait pendidikan matematika anak usia dini dan kegiatan pembelajaran menggunakan APE mistery box. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kotak misteri dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir matematis anak sekaligus memberi mereka kesempatan untuk mengekspresikan diri dan memecahkan masalah secara kreatif. Namun, penting untuk dicatat bahwa ada tantangan tertentu yang terkait dengan penggunaannya seperti kesulitan dalam menemukan materi yang sesuai untuk tipe pembelajar yang berbeda atau kesulitan dalam mempertahankan fokus pembelajar karena pengulangan tugas serupa dari waktu ke waktu. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa Kotak Misteri APE dapat memberikan dukungan yang berharga untuk pendidikan matematika anak usia dini jika diterapkan dengan benar oleh pendidik berpengalaman yang menyadari potensi dan keterbatasan yang terkait dengan penggunaannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anna Kartika Wahyuningrum, dkk. “Pengembangan Media Pembelajaran Edukatif

Mistery Box Untuk Perkembangan Anak Dalam Mengenal Huruf”, Seminar

Pendidikan dan Pembelajaran, FKIP-Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Birru Muqdamien, dkk. “Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian

Research and Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk

Meningkatkan Pengetahuan Sains dan Matematika anak usia 5-6 Tahun”,

Jurnal Intrections, Volume 6. No.1, Februari 2021

Dalima Septria,"Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok Bermain Melalui

Alat Permainan Edukatif Magic Box", Tesis: Intitut Agama Islam Negeri

Bengkulu: 2020. Hal.13-14

Desi Ranita Sari, dkk.” Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun” Jurnal

Pendidikan. Vol.5, No.11, November 2020, Hal 1535-1539.

Eri Wahyu Ningsih,” Evektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Anak Usia

Dini Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif di TK Ulil Albab”, AlIhsan Volume 3 Nomor 1, 2022.

Fitri Febri Handayani, “Metode Bermain: Upaya Menstimulasi Perkembangan

Matematika Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan Konseling, Vol.5, No.02,

Muammar Qadafi, M.Pd., (2020), ” Pengembangan Alat Permainan Edukatif Untuk

Anak Usia Dini”, Mataram: Sanabil

Muhammad Busyro Karim, "Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia

Dini Melalui Alat Permainan Edukatif", Jurnal PGPAUD, Vol:1, No:2,

Oktober 2014, Hal 76-146.

Nani, R. S. (2017). “Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan

pada siswa yang menyenangi game”. Prosiding Temu ilmiah X Ikatan

Psikologi Perkembangan Indonesia (p. 227). Semarang: Ikatan Psikologi

Perkembangan Indonesia11 | Murangkalih: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini – (Eka Novitasari Dewi)

Judul Jurnal: Perancangan Ape Mistery Box Dalam Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini

Nur Asiah,” Pengembangan Media Pembelajaran Alphabet Mistery Box Untuk

Mengenalkan Huruf Pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak”, Jurnal:

Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 7, Tahun ke-9, 2020.

Nur Rahmah, dkk. “Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE)

Matematika Bagi Guru di Kelurahan Balandai Kota Palopo”, Tranformasi:

Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 18, No 1, Juni 2022, Hal 137-153.

Sartika Dwi Harahap, Annisa Wahyuni, "Kreatifitas Mahasiswa Paud Dalam Merancang

APE (Alat Pembelajaran Edukatif) Sebagai Media Belajar Anak Usia Dini,” Tila:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.1 No.2, Desember 2021, Hal:55-56

Sukamti, Endang R. dkk. (2010). “Bermain dan Kreativitas sebagai Fondasi bagi Tumbuh

Kembang Anak Usia Dini.” FIK UNY: Yogyakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-31

Cara Mengutip

Novitasari, E., Puteri Regina Asmarani, Nurul Azizah, & Luthfatun Nisa. (2023). PERANCANGAN APE MISTERY BOX DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI . MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 1–11. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/murangkalih/article/view/9214