BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA POHON ANGKA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TAMAN KANAK – KANAK INSAN MANDIRI SIDODADI

Penulis

  • Musti Pratama Universitas Terbuka Surabaya
  • Ferianto Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nidaul Munafiah Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan
berhitung dengan media pohon angka pada anak kelompok B di TK Insan Mandiri Kecamatan
Semaka Kabupaten Tanggamus tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan pada
anak kelompok B TK Insan Mandiri Sidodadi yang berusia 5-6 tahun dan berjumlah 13 siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Alat
penelitian diimplementasikan dalam bentuk pedoman observasi. Penggunaan teknik analisis
data deskriptip. Pelaksanaan perbaikan ini berdasarkan prosedur Penelitian Tindakan Kelas
yang dilaksanakan 2 siklus. Dimana setiap siklus terdiri dari 5 pertemuan. Hasil penelitian
menunjukkan pada siklus I anak yang belum berkembang adalah 7 anak atau sebesar 50 %
anak yang mulai berkembang 2 anak atau sebesar 14,28% anak yang sudah berkembang sesuai
harapan 4 anak atau sebesar 28,57% anak yang sudah berkembang dengan baik anak atau
sebesar 7,14%. Pada siklus II menunjukkan bahwa anak yang mulai berkembang berjumlah 1 anak
atau 7,14% anak yang berkembang sesuai harapan 3 anak atau 21,42%, dan yang berkembang
sangat baik adalah 10 anak atau 71,42 %.
Kata kunci: Anak Usia Dini., Kemampuan Berhitung, Media Pohon Angka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Handayani, Sri. 2014. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui PermainanDomino

di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pesona PAUD

Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.

Irawati, Rosi Meri. 2012. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan

Memancing Angka di Taman Kanak- Kanak Sangrina Bunda Pasar Tiku. JurnalIlmiah

Pesona PAUD. 1(3).

Johni Dimyanti, 2013, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya PadaPendidikan

Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta: Kencana.

Mahadewi, L.P., dkk. 2012. Media Video Pembelajaran. Singaraja:Universitas Pendidikan

Ganesha.

Mulyasa, 2012, Manajemen PAUD, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Musfiroh Tadkirotun, 2012, Pengembangan Kecerdasan Majemuk, Tangerang :

Universitas Terbuka.

Reswita, Wahyuni. 2018. Efekrivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep

Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bengkalis. Jurnal Pendidikan.

Vol. 9 (1). ISSN: 2549-063X

Sari, D., Putra, A., & Kristiantari, M. 2016. Penerapan Permainan Bola Gelinding (Boling)

untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan pada Anak Kelompok A.

Pendidikan Anak Usia Dini. 4 (2).1-10.

Sholihah, Maret’atush., Afifulloh. M., L. Y. F. 2019. Penerapan Metode Bermain Flashcard

Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompom B Di RA Amin Pakis49 | Murangkalih : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini – [Musti Pratama]

Judul Jurnal. : Berhitung Menggunakan Media Pohon AngkaAnak Usia 5 – 6 Tahun Di Taman Kanak –

Kanak Insan Mandiri Sidodadi

Malang”. Universitas Islam Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia

Dini.

Wahyuni, S., Ali, M.,& . H. 2016. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan

Pohon angka Usia 4-5 Tahun di TK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.5(7).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-31

Cara Mengutip

Pratama, M., Ferianto, & Munafiah, N. (2023). BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA POHON ANGKA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TAMAN KANAK – KANAK INSAN MANDIRI SIDODADI. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 40–49. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/murangkalih/article/view/9245