PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN HAFALAN DI TK KARTIKA XXI-17 KOTA TENGAH KOTA GORONTALO

Penulis

  • Sukmimi IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstrak

Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini (1) bagaimana penguasaan
hafalan di kelompok B (2) bagaimana penerapan metode talking stick (3) apa faktor
pendukung dan faktor penghambat penguasaan hafalan, penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan penguasaan hafalan melalui metode talking sitck.Subjek
penelitian yang berjumlah 25 orang anak terdiri dari: 10 laki-laki dan 15anak
perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi,
dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, display
data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan anak dapat melafalkan
makhrojul huruf dengan baik, kelancaran dan menyebutkan huruf Alquran sudah
benar. Sehingga guru harus memilih metode yang tepat dalam penguasaan
hafalan. Faktor pendukung anak sangat antusias dan semangat anak ketika
menggunakan metode talking stick, karena anak merasa senang dalam usia nya
yang berkisar antara 5-6 tahun. Metode talking stick menggunakan irama sehingga
anak tidak bosan, dukungan orangtua. Faktor Penghambat kurangnya
pengkondisian anak, fokus sering berubah-ubah, kejenuhan anak dalam
menghafal, keterlibatan orangtua dirumah. Saran penelitian ini diharapkan bagi
pendidik dan orangtua harus bekerjasama dalam pembelajaran hafalan anak, bagi
penelitian anak akan menjadi pengalaman dalam memilih metode pembelajaran
bagi anak usia dini.
Kata Kunci : Metode Talking Stick, Penguasaan Hafalan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahsin, Bimbingan Praktis Menghafal Alquran, Jakarta : Bumi Aksara, 2005.

Cucu Susianti, Efektivitas Metode Talaqi Dalam Meningkatakan Kemampuan

Menghafal Alquran Anak Usia Dini, Jakarta: Pratama, 2012.

Darwan Syah, Dkk Pengantar Statistic Pendidikan

Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial, Kualitatif dan Kuantitaf,

Jakarta: Gaung Praseda Press, 2009.

Lexy J. Moeleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya,

Mohammad Asrori, Psikologi Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima, 2009.

Misbahul Munir, Ilmu Dan Sebi Qira’atil Quran, Pedoman Bagi Qori-Qori Hafidh

Hafidhah Dan Hakim dalam MRQ Semarang: Binawan, 2015.

Novida Balqis Fitria Alfianti, Skripsi Starategi Menghafal Alquran Juz 30 Bagi Anak

Usia Dini Ditaman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) An-Nahal Kec.Taman

Kab. Sidoarjo.

Riski jamiah dan Edy Surya, Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan

Metode Math Magic Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan

Kubus Dan Balok, Vol. 5, No.2, Juli desember, 2016.

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta : Rajagrafindo Persada, 2013.

Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Sugioyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2008.

Suprijono, Cooperative Learning, Jakarta: Pustaka Belajar, 2013.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta:

Sinar Grafida, 2009.

Wowo Sunaryo Kuswana, Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berfikir,

Bandung : Remaja Rosdakarya, 2012

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-31

Cara Mengutip

Sukmimi. (2023). PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN HAFALAN DI TK KARTIKA XXI-17 KOTA TENGAH KOTA GORONTALO. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 30–39. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/murangkalih/article/view/9247