Analisis Pengembangan Moral Melalui Metode Permainan Tradisional

Penulis

  • Thoyyibah Universitas Islam Madura
  • Fitria Ningsih Universitas Islam Madura
  • Alfina Damayanti Universitas Islam Madura
  • Muti’atul Karimah Universitas Islam Madura

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pemelajaran dengan mengunakan metode permainan tradisional untuk meningkatkan perkembangan moral anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatid deskriptif, yaitu mendeskripsikan situasi atau fenomena yang terjadi dilapangan apa adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun dikelas B, guru kelas B, dan kepala sekolah di RA Al-Furqon. Dari hasil yang kami peroleh perkembangan moral anak bisa dilakukan yang salah satunya menggunakan metode permainan tradisional. Menggunakan metode ini di RA Al-Furqon sangat cocok untuk perkembangan moral anak.  Dalam permainan ini terkandung niali nilai karakter dengan menanamkan, membentuk atau menguatkan jati diri anak. Selain itu, dengan adanya aturan dalam permainan anak bisa mengikutinya dengan sabar dan jujur dalam permainan.  

 

Kata Kunci :  analisis pengembangan moral, metode permainan tradisional, Anak Usia Dini

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andriani, T. (2012). permainan tradisional dalam pembentukan karakter anak . Jurnal Sosial Budaya Vol 9 No. 1.

Aulia, A., & Munafiah, N. (2023). Konsep Keberkahan Pengasuhan Anak dalam Perspektif Islam. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 45–52. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.9950

Alfarisi, S., & Darmiyanti, A. (2023). Integration of Multicultural Educational Values in Islamic Elementary School North Cikarang, Bekasi, West Java. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 11(2), 245-262.

Bandura, K. B. (2004). Social cognitive theory of gender development and functioning. In The psychology of gender . New York: The Guilford Press.

Dharmamulya, S. (2004). Permainan Tradisional Jawa. Purwangga : Kepel Press.

Fadillah, M. (2012). desain pembelajaran AUD . yogyakarta: Ar-Ruzz Media .

Hidayat, O. S. (2015). metode pengembangan moral dan nilai nilai agama . Tanggerang selatan ; Universitas Terbuka: juni .

Isminarti, I. (2020). Model Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui Permainan tradisional . Bildung: Yogyakarta.

M.si, Dr Isminarti . (2020). Model Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui Permainan Tradisional . Banguntapan Bantul Yogyakarta: Februari .

Misbach, I. (2006). Peran permainan tradisional yang bermuatan edukatif dalam menyumbang pembentukan karakter dan identitas bangsa .

Muryono. (2009 ). Empati, penalaran moral, dan pola asuh: telaah bimbingan konseling . Yogyakarta ; Gala Ilmu Semesta.

Nurrahmah, M. S., & Ferianto, F. (2023). Kepribadian Seorang Pendidik Di Tinjau Dari Perspektif Hadits. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(02), 104-109.

Novianti, C., & Ferianto, F. (2023). The Position of Teachers in the Development of Early Childhood Character Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 54-62.

Pujriyanto. (Mei 2011). Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Para Figur Kunci . Jurnal Dinamika Pendidikan no 01/TH.XVII.

Sa’diyah, D. ( 2023). Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Moral anak SD. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No 1.

Rahayu, E. T., Syafrida, R., Ferianto, F., Nurunnabilah, N., & Syahnurmala, H. (2023). Efektifitas Penggunaan Inovasi Media Kiorroga terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4232-4242.

Pratama, M., & Munafiah, N. (2023). BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA POHON ANGKA ANAK USIA 5–6 TAHUN DI TAMAN KANAK–KANAK INSAN MANDIRI SIDODADI. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 40-49.

santrock, j. w. (2007). perkembangan anak jilid 2. jakarta ; erlangga.

Santrock, J. W. (2012). Life-span development edisi ke-1 . Jakarta: Erlangga .

Sit, M. (2017). psikologi perkembangan Anak Usia Dini edisi pertama . Jakarta ; kencana.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD . Yogyakarta: Pustaka Insan Madani .

Yuningsih. (2014). Menguatkan Kembali Pendidikan Keagamaan dan Moral Anak Didik. edisi agustus Volume VIII No. 2 199-2016.

Saripudin, A., Hernanto, F., & Yani, A. (2021). Asesmen Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Menggunakan Stimulasi Permainan Outdoor Bola Kecil Di Kabupaten Majalengka. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/murangkalih/article/view/4853

Sukma, B. F., Darmayanti, A., & Munafiah, N. U. (2023). PENERAPAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DI TK BINA MUHAJIRIN. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 8(2), 152-158.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Thoyyibah, T., Ningsih, F. ., Damayanti , A. . ., & Karimah, M. . (2023). Analisis Pengembangan Moral Melalui Metode Permainan Tradisional. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 92–103. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/murangkalih/article/view/9759