Uji Simplisia Kulit Kayu Manis (Cinnamomum burmanii)

Main Article Content

Imam Zahidin
Mohammad Rayhan
Paskalina Malteda

Abstract

Latar Belakang: Tanaman kayu manis (Cinnamomum burmanii) di indonesia telah dikenal di pasar  internasional. Sebagian besar kebutuhan kulit kayu manis di dunia di pasok dari indonesia. Sumatera Barat, Jambi, dan Sumatera Utara sebagai salah satu penghasil kulit kayu manis terbesar di Indonesia. Tanaman kayu manis di daerah ini adalah jenis Cinnamomum burmanii yang dalam dunia perdangangan dikenal dengan casiera vera. Tanaman kayu manis banyak dimanfaatkan oleh masyarakat adalah kulit batangnya. Tujuan: Penelitian kulit kayu manis dilakukan untuk melihat dan mengkaji karakteristik parameter spesifik, non-spesifik dan skrining fitokimia spesifik pada komposisi senyawa simplisia kayu manis. Metode: Simplisia kulit kayu manis diuji terhadap karakteristik parameter spesifik dan non-spesifik dan skrining fitokimia spesifik yang terdiri dari alkaloid, tanin, dan fenolik. Hasil: Analisis skrining fitokimia spesifik dibuktikan bahwa kulit kayu manis mengandung senyawa metabolit sekunder berupa alkaloid, tanin, dan fenolik. Analisis karakteristik spesifik dan non-spesifik meliputi susut pengeringan (11%), kadar air (17.64%), kadar abu total (13.4%), kadar sari larut air (5.5%), dan kadar sari larut etanol (5.1%). Kesimpulan: Hasil analisis skrining fitokimia telah memenuhi standar kualifikasi yang sah, sedangkan uji karakteristik parameter non-spesifik mendapat hasil negatif pada analisis pengukuran kadar air, kadar abu total, dan kadar sari larut etanol. Sehingga, hasil belum bisa dikatakan maksimal dan perlu adanya uji pengulangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Zahidin I, Rayhan M, Malteda P. Uji Simplisia Kulit Kayu Manis (Cinnamomum burmanii). PharmaCine [Internet]. 2023Mar.1 [cited 2024May18];4(1):42-50. Available from: https://journal.unsika.ac.id/index.php/pharmac/article/view/8332
Section
Artikel

References

Noviar, H. (2010) Karakteristik Minyak Kayu Manis( Cinnamomum Burmanii Blume) Berdasarkan Letak Kulit pada Batang dan Ukuran Bahan pada Proses Penyulingan.

Jurnal praktikum farmakognosi (2022) Pembuatan serbuk simplisia dan susut pengeringan Politeknik Kesehatan Hermina

Jurnal praktikum farmakognosi (2022) Uji kadar air Politeknik Kesehatan Hermina

Jurnal praktikum farmakognosi (2022) Uji kadar abu total Politeknik Kesehatan Hermina

Jurnal praktikum farmakognosi (2022) Uji kadar sari larut air dan kadar sari larut etanol Politeknik Kesehatan Hermina

Modul Farmakognosi (2022) Politeknik Kesehatan Hermina

Syamsuhidayat SS, Hutapea JR, 1991, Inventaris Tanaman Obat Indonesia I, Departemen Kesehatan Republik Indonesia Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Jakarta.

Made B. Anggriawan, Anna P. Roswiem, dan Waras Nurcholis (2015) Potensi Ekstrak Air Dan Etanol Kulit Batang Kayu Manis Padang (Cinnamomum Burmanii) Terhadap Aktivitas Enzim A-Glukosidase.

Farmakope Herbal Edisi II tahun 2017 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Zakiyah W, Agustin AE, Fauziah A, Maharani D, Mukti GI. Metode Pemisahan Fitokimia Tanin pada Tanaman Herbal Indonesia. PharmaCine [Internet]. 20 September 2021 [dikutip 12 September 2023];2(1):51-9. Tersedia pada: https://journal.unsika.ac.id/index.php/pharmac/article/view/5582