Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi
DOI:
https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i2.6537Abstrak
Kemampuan komunikasi matematis siswa menjadi tujuan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 18 orang siswa kelas VIII di salah satu SMP Kabupaten Karawang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa 3 butir soal uraian kemampuan komunikasi matematis pada materi relasi dan fungsi dan diperkuat dengan hasil wawancara. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa pada soal nomor 1 dengan indikator menghubungkan benda nyata, gambar dan diagram ke dalam ide matematika diperoleh skor hal ini dikategorikan tinggi; untuk soal nomor 2 dengan indikator menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar secara lisan maupun tertulis diperoleh skor hal ini dikategorikan sangat rendah; dan untuk soal nomor 3 dengan indikator menyatakan peristiwa sehari-hari ke dalam bahasa atau simbol matematika diperoleh skor hal ini dikategorikan rendah. Maka, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di salah satu SMP Kabupaten Karawang masih tergolong rendah.