Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas X MIPA 4 SMA Shalom Bengkayang
DOI:
https://doi.org/10.35706/radian.v1i1.6581Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X SMA Shalom kota Bengkayang tahun pelajaran 2021/2022. Jumlah responden dalam penilitian ini 22 orang siswa, dengan metode pengumpulan data berupa soal tes pemahaman siswa akan materi daya dan energi pada pelajaran fisika dengan aspek penilaian merumus data, menganalisis data, membandingkan data, memahami konsep materi, mengetahui konsep materi, instrumen berupa soal. Dari 5 aspek penilaian ternyata memperoleh hasil yang cukup beragam. Pada aspek merumusan masalah, dominan nilai 4 dengan presentase 80 %. sementara aspek analisis data hasil jawaban siswa menunjukan dominan pada nilai 4 dengan presentase 65%. Aspek membandingkan, siswa lebih dominan mendapatkan nilai 4 dengan presentase 85%. Selain itu aspek memahami konsep, siswa dominan mendapatkan nilai 2 dengan presentase75%, dan aspek mengetahui konsep, jawaban siswa dominan mendapat nilai 4 dengan presentase 80%