Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Aljabar

Penulis

  • Shafira Aurelyasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iyan Rosita Dewi Nur Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i3.7153

Abstrak

Kemampuan komunikasi matematik adalah bentuk kemampuan dasar yang cukup signifikan. Tanpa adanya kemampuan ini, akan sulit untuk dapat meningkatkan kegiatan belajar mengajar. Adapun tujuan pelaksanaan peneliti yakni untuk menggambarkan terkait tingkat kemampuan komunikasi matematis bagi siswa SMP untuk menyelesaikan soal pada materi aljabar. Peneliti mengaplikasikan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kemudian, subjek penelitian ini terdiri dari 27 siswa, yang mana dalam pengambilan sampel menerapkan teknik secara purposive sampling. Instrumen tes yang digunakan ialah dalam bentuk soal te essay. Hasil penelitian diperoleh 18,5% siswa termasuk dalam kategori tinggi yaitu sudah dapat memenuhi secara keseluruhan indikator kemampuan menggambar, mengekspresi matematika dan menulis dengan baik. Lalu 59,2% siswa termasuk dalam kategori sedang dimana siswa sudah mampu secara keseluruhan memenuhi indikator kemampuan menggambar serta tidak memenuhi indikator menulis dan mengekspresikan matematika. Sedangkan 22,2% siswa termasuk dalam kategori rendah yaitu tidak memenuhi seluruh indikator keterampilan komunikasi matematik yang terdiri dari menggambar, mengekspresikan serta menulis matematika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-01