Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Menurut Teori Konstruktivisme Ditinjau dari Gaya Belajar

Authors

  • Fidia Puspa Azzahra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanifah Nurus Sopiany Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/rjrrme.v2i1.7155

Abstract

Kemampuan representasi diperlukan siswa untuk mengekspresikan pemikiran atau ide matematika yang berguna untuk memecahkan persoalan matematika dan memahami konsep dengan mengacu pada prinsip-prinsip belajar konstruktivisme serta gaya belajar yang dapat mempengaruhi penguasaan kemampuan representasi siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis menurut teori konstruktivisme yang ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IX SMP yang terdiri dari 10 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan konklusi. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan tipe gaya belajar (1) visual mampu dalam membuat model matematis namun masih salah dalam membuat grafik serta penulisan kalimat matematis secara benar, (2) auditorial mampu dalam membuat grafik serta penulisan kalimat matematis secara benar tetapi masih salah dalam model matematis, dan (3) kinestetik mampu dalam membuat model matematis namun masih salah dalam membuat grafik serta penulisan kalimat matematis secara benar. Hal ini membuktikan bahwa siswa menggunakan representasi matematis dan berarti bahwa dalam prinsip pembelajaran konstruktivisme siswa telah mencapai pada tahap eksplorasi dimana siswa menggunakan kemampuan representasi matematis untuk menemukan sebuah konsep yang akan membantu dalam proses pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-30