Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-efficacy Siswa Tingkat SMP pada Materi Kubus
DOI:
https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i3.7895Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa dalam menyelesaikan soal pada materi kubus. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) instrumen tes kemampuan pemecahan masalah, soal tes berjumlah 5 butir soal dengan materi kubus; (2) instrumen angket self-efficacy sebanyak 17 butir pernyataan; dan (3) instrumen wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 2 siswa dengan kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi, 2 siswa dengan kategori kemampuan pemecahan masalah sedang, dan 2 siswa dengan kategori kemampuan pemecahan masalah rendah, serta hasil penelitian angket self-efficacy S1 berada pada kategori self-efficacy tinggi dengan skor 64%, S2 berada pada kategori sedang dengan skor 54%, S3 berada pada kategori tinggi dengan skor 66%, S4 berada pada kategori sedang dengan skor 42%, S5 berada pada kategori rendah dengan skor 40% dan S6 berada pada kategori sedang dengan skor 39%.