Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Akun Belajar.id Kemendikbud pada Materi Statistika ditengah Pandemi

Penulis

  • Gilang Romadoni Universitas Mathla'ul Anwar
  • Asep Sahrudin Universitas Mathla'ul Anwar
  • Eka Rosdianwinata Universitas Mathla'ul Anwar

DOI:

https://doi.org/10.35706/rjrrme.v2i1.8708

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran pada materi statistika dengan menggunakan bantuan Akun ID Kemendikbud ditengah mewabahnya pandemi yang terjadi di seluruh dunia pada tahun 2020 hingga 2022. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Cijaku, Kabupaten Lebak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran dengan menggunakan Akun Belajat.id Kemendikbud pada materi statistika ditengah pandemi menunjukan bahwa pembelajaran dimasa pandemi ini sangatlah efektif untuk digunakan di sekolah yang menerapkan pembelajaran secara daring, dimana hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana proses pembelajaran siswa yang dilakukan secara daring menunjukan peningkatan pada hasil belajarnya, meskipun peningkatan tersebut tidak signifikan apabila dibandingkan dengan pembelajaran yang dilakukan secara luring. Kegiatan pembelajaran secara daring yang meliputi google classroom dan google meet yang terhubung pada Akun Belajar.id Kemendikbid dapat membantu siswa melakukan proses pembelajaran yang setara dengan pembelajaran secara luring, sehingga dengan melakukan pembelajaran berbantuan Akun Belajar.id Kemendikbud siswa dapat belajar secara normal ditengah pandemi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-30