Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar

Penulis

  • Sawit Karlina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/rjrrme.v2i3.8750

Abstrak

Studi ini ialah penelitian metode deskriptif kualitatif yang tujuannya guna analisis tingkat koneksi matematis siswa SMP guna selesaikan soal materi bangun datar serta mengkategorikan tingkat koneksi matematis tinggi, sedang, dan rendah (Setialesmana, Anisa, & Herawati, 2017). Subjek di studi ini ialah 40 siswa kelas VIII salah satu sekolah menengah di Kabupaten Bekasi. Tes ini terdiri dari 2 soal uraian matematika yang dirancang untuk setiap siswa. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dari 40 siswa, 12 siswa dengan koneksi matematis golongan “tinggi”, 13 siswa dengan koneksi matematis golongan “sedang”, dan 15 siswa dengan koneksi matematis “rendah”. Dari segi volume data, kemampuan koneksi matematis condong ada di golongan rendah. Pada golongan “sedang”, siswa pahami konsep matematika, tapi belum sempurna. Sedangkan di golongan “rendah” siswa kesulitan pahami konsep matematika.

Kata kunci: Matematika, Kemampuan Koneksi Matematis, Materi Bangun datar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-20

Terbitan

Bagian

Artikel