Pengembangan Permainan ULTAPER (Ular Tangga Persamaan) sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel

Penulis

  • Pendi Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Risnina Wafiqoh Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Iis Juniati Lathiifah Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.35706/rjrrme.v2i2.8768

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik permainan ULTAPER yang valid dan praktis serta mengetahui efek potensial permainan ULTAPER pada materi sistem persamaan linier satu variabel. Jenis penelitian ini model pengembangan ADDIE. Data ini dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan data kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII (kelas C dan B) pada salah satu madrasah tsanawiyah di Kabupaten Belitung Timur. Penelitian ini menghasilkan permainan ULTAPER yang “sangat valid dan sangat praktis”. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase validasi ahli materi sebesar 87,5%, validasi ahli media sebesar 94,4%, validasi ahli bahasa sebesar 91,7%. Selanjutnya hasil praktikalitas permainan ULTAPER pada kelas kecil sebesar 82,93%, dan praktikalitas pada kelas besar sebesar 85%. Karakteristik media permainan ULTAPER yang dihasilkan adalah terdapat soal tentang materi sistem persamaan linier satu variabel dalam kotak pertanyaan bintang satu, dua, dan tiga pada kotak pertanyaan permainan ULTAPER, pemberian pertanyaan soal terkait materi pada awal permainan sebelum melempar dadu, dan terdapat bonus dan zonk pada papan permainan ULTAPER. Pengembangan permainan ULTAPER memiliki efek potensial yang dapat memberi perubahan pada hasil belajar ditinjau dari aspek kognitif siswa yaitu kelas kecil dengan rata-rata nilai siswa 20,8 menjadi 66,5 dan kelas besar dengan rata-rata nilai siswa 17,4 menjadi 60,9.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-28