Deskripsi Disposisi Produktif Siswa pada Pembelajaran Luring Setelah Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.35706/rjrrme.v3i1.8812Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan disposisi produktif siswa pada masa transisi pembelajaran daring ke luring sebagai akibat dari pandemi covid-19 atau yang dikenal dengan Era New Normal. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Instrumen yang digunakan ialah instrumen non tes berupa angket yang terdiri dari 22 penyataan yang mengamati aspek disposisi produktif. Adapun aspek yang diamati antara lain (1) Tidak mudah menyerah; (2) Percaya diri terhadap kemampuan; (3) Memiliki keingintahuan yang tinggi; (4) Semangat dalam belajar; dan (5) Mau berbagi pengetahuan dengan teman yang lain; (6) Menyukai matematika. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas IX SMP Al-Rahmah Jakarta Utara yang dipilih melalui metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa berada pada kategori “Baik” yaitu sebesar 80%.