Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Lingkaran
DOI:
https://doi.org/10.35706/rjrrme.v3i1.8821Abstrak
Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu cara yang digunakan dan harus dimiliki siswa untuk mengembangkan pola pikir, menemukan solusi permasalahan, serta menarik kesimpulan terkait matematika. Tujuan dari penelitian adalah ini untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan permasalahan pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model studi kasus. Populasi yang diperoleh dari 38 siswa kelas IX di salah satu SMP Cikarang Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen tes kemampuan koneksi matematis yang terdiri dari 3 indikator melalui 3 butir soal yang diberikan dalam bentuk uraian disertai dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kurangnya kemampuan koneksi matematis siswa terhadap materi lingkaran dilihat dari penilaian yang diperoleh dari 38 siswa disertai dengan wawancara dan observasi. Indikator kemampuan koneksi matematis terdiri dari 1) menghubungkan antar konsep matematika, 2) menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, 3) menghubungkan konsep matematika dengan bidang ilmu lain. Hasil dari tes tersebut menghasilkan 6 siswa yang dikategorikan rendah, 24 siswa yang dikategorikan sedang, dan 8 siswa yang dikategorikan tinggi.