Analisis Disposisi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Linear Tiga Variabel

Penulis

  • Disi Eka Rivian Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/rjrrme.v2i2.8836

Abstrak

Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, karena tujuan penelitian ini untuk menganalisis disposisi matematis pada siswa dalam pembelajaran matematika materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Pemilihan partisipan dilakukan dengan menggunakan teknik acak (probability sampling), dan diperoleh sebanyak 30 siswa kelas 12 IPS 2 di salah satu SMA Negeri Kabupaten Karawang. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan instrumen non tes berupa angket skala likert yang terdiri dari 22 item pernyataan. Berikut hasil dari penelitian: berdasarkan analisis kelima indikator disposisi matematis tersebut, menunjukkan bahwa disposisi matematis siswa kurang baik pada pembelajaran matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel. Walaupun dari data tersebut terdapat indikator yang cukup baik, tetapi belum semua indikator berada pada kategori cukup baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa disposisi matematis siswa belum terpenuhi pada pembelajaran matematika materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Adapun implikasi dari penelitian ini yaitu dalam meningkatkan disposisi matematis siswa di sekolah, sebaiknya guru lebih memperhatikan kemampuan siswa saat pembelajaran matematika agar kemampuan disposisi siswa dapat terpenuhi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-28