Hubungan antara Kemampuan Numerik Siswa dengan Hasil Belajar Matematika

Penulis

  • Devi Dwitasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mokhammad Ridwan Yudhanegara Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/rjrrme.v2i2.9263

Abstrak

Penelitian ini dilakukan disalah satu SMA di karawang pada kelas X tahun ajaran 2022/2023 . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan numerik siswa dengan hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode ex-post facto. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi penelitian ini mencakup semua siswa kelas X disalah satu SMA di Karawang, dan sampel penelitian terdiri dari 34 siswa yang dipilih memakai teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, digunakan tes kemampuan numerik sebagai instrumen untuk mengukur kemampuan numerik siswa. Sementara itu, hasil belajar matematika siswa dilihat dari nilai Ujian Tengah Semester matematika siswa. Analisis data kemampuan numerik dan hasil belajar matematika menggunakan teknik analisis korelasi product moment pearson dengan perangkat lunak SPSS. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa terdapat hubungan sebesar 28,94% antara kemampuan numerik siswa dengan hasil belajar matematika dengan nilai korelasi 0,538 yang artinya memiliki hubungan yang signifikan dan positif dimana hubungan antar variabel searah. Apabila hubungan kemampuan numerik dan hasil belajar matematika memiliki hubungan negatif maka hubungan antar variabel tidak searah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-28