PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Penulis

  • Suci Alfianitasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan fakta rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Osborn lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Purwasari dengan pengambilan sampel menggunakan teknik puposive sampling, sehingga mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII A dan VII C yang masing-masing 40 Responden dari 279 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Osborn lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung.

 

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Osborn

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Depdiknas. (2006). Standar Isi Mata Pelajaran Matematika SMP. Jakarta: Depdiknas.

Hidayah, F.M.( 2016). Implementasi Model Pembelajaran Osborn-Parne Pada Mapel Fiqih Di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Tarbiyah PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus: Tidak diterbitkan.

Kusumawati, E dan Rizki, N.D. (2014). Pembelajaran Matematika Melalui Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(3), 260-270. http://download.portalgaruda.org/article.php diakses pada tanggal 18 Agustus 2018

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Meliyani. (2013). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Base Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa”. Skripsi S1 Universitas Negeri Medan : Tidak diterbitkan.

Nurafifah, L. Dkk. (2016). Model Pembelajaran Osborn untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1,(2), 93-102.

Sa’idah, N. (2006). Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 22 Semarang Kelas VIII Semester II Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi sarjana pada FKIP Universitas Negeri Semarang: Tidak diterbitkan

Setya, A. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Osborn Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi. XVIII, (2), 1-6

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: PT Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Alfianitasari, S., Hidayati, N., & Abadi, A. P. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2113

Terbitan

Bagian

Artikel