Hubungan Antara Minat Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi karena menurunnya minat belajar dan kemampuan komunikasi siswa dalam pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara minat belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam mencapai ke berhasilan pembelajarandidalam kelas. Metode yang digunakan adalah metode kuantitaf. Pada sesi observasi siswa diberikan non-tes serta tes, pada akhir pembelajaran mereka diminta pendapatnya tentang tes yang telah mereka lakukan tidak disangka hasil pengerjaannya kurang baik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Cilebar, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII D yang dipilih secara acak sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes 3 soal uraian, kemudian data skor dihitung menggunakan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengakuan siswa bahwa mereka merasa kesulitan saat mengerjakan tes yang ada dan merasa bahwa guru yang menjelaskan materi tersebut terlalu kecepatan dalam memaparkan penjelasan dan cara pengisiannya, akan tetapi mereka tidak ada yang berbicara atau menanyakan secara langsung saat tidak mengerti apa yang dijelaskan.