MISKONSEPSI MATEMATIS SISWA MENURUT TEORI KONSTRUKTIVISME

Penulis

  • Wida Rahayu unsika
  • dadang danugiri
  • hanifah nurus sopiyani

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang melakukan kesalahan pada saat diberikan permasalahan matematika. Banyak siswa yang masih keliru dalam menggunakan konsep matematika. Kesalahan konsep tersebut yang dinamakan miskonsepsi. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan miskonsepsi matematis siswa menurut teori konstruktivisme.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metodenya deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 27 orang di MTS Asy-Syifa tahun ajaran 2017/2018. Instrument penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan lembar observasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifatul. 2015. Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Pendekatan Kognitif Menurut Teori Piaget Pada Materi Optik Kelas Viii Mts Nu Mu’allimat Kudus. [Online] Tersedia Http://Eprints.Walisongo.Ac.Id/5002/1/103611030.PdfDiakses Pada 13 April 2017

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Driver dan Bell (1981) Prinsip-prinsip Pembelajaran Konstruktivisme. [Online] tersedia:

https://www.coursehero.com/file/p3t7qu3g/Teori-Belajar-Konstruktivisme-menurut-Driver-dan-Bell-200980-mengajukan/ diakses pada 15 April 2017

Erman Suherman. 2003. Stategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Fredette Dan Clement Dalam (Nurul : 2012) Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dan Faktorfaktor Penyebab Pada Materi Permutasi Dan Kombinasi Di Sma Negeri 1 Manyar [Online] tersedia : Http://Download.Portalgaruda.Org/Article.Php?Article=116482&Val=5321&Title= Identifikasi%20miskonsepsi%20siswa%20dan%20faktor- Faktor%20penyebab%20pada%20materi%20permutasi%20dan%20kombinasi%20 di%20sma%20negeri%201%20manyar Diakses Pada 13 April 2018

Hasratuddin. 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang Dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2). ISSN: 2355-4185.

Hikmah, U. 2016. Penerapan Teori Konstruktivistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di IAIN SyekhNurjatiCirebon.[Online]tersedia: Http://Www.Academia.Edu/16985822/TEORI_KONSTRUKTIVISMEdiakses pada tanggal 20 April 2017.

Mayasari, Yuriska, Dkk. 2014. Penerapan Teknik Probing Prompting Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Mtsn Lubuk Buaya Padang. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNP. Vol. 3 No 1.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno Dalam (Anastasia : 2017) Pemahaman Dan Miskonsepsi Tentang Konsep Gerak Dan Gaya Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Titehena.

Tracht Dalam (Karolin : 2016) Miskonsepsi Pada Penyelesaian Soal Aljabar Siswa Kelas VIII Berdasarkan Proses Berpikir Mason. [Online] tersedia:

Http://Jurnal.Fkip.Uns.Ac.Id/Index.Php/S2math/Issue/View/643 Diakses Pada 13 April 2018

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Rahayu, W., danugiri, dadang, & nurus sopiyani, hanifah. (2021). MISKONSEPSI MATEMATIS SISWA MENURUT TEORI KONSTRUKTIVISME. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2151

Terbitan

Bagian

Artikel