SINERGITAS TEKNIK SCAFFOLDING DENGAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS

Penulis

  • Sinta Damayanti unsika
  • Dadang Danugiri
  • Hanifah Nurus Sopiany

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sinergitas teknik scaffolding dengan model problem-based learning terhadap kemampuan matematis siswa. Penelitian ini dapat dianalisis secara kuantitatif, kualitatif, ataupun dengan R&D. Hasil penelitian yang diharapkan adalah adanya pengaruh positif dari teknik scaffolding dengan model problem-based learning terhadap kemampuan matematis, adanya gambaran atau deskripsi kesulitan siswa yang dapat di atasi oleh teknik teknik scaffolding dengan model problem-based learning dan adanya pengembangan bahan ajar yang dihasilkan diharapkan mampu mensinergikan kemampuan matematis dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Chairani, Zahra. 2015. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika [Online], Vol 1, 6 halaman. Diakses tanggal 21 Maret 2018

http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/12/9

Raharjo, Totok Dwi. 2016. Implementasi Pendekatan Scientific dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA. [Online] Diakses tanggal 13 Januari 2018

http://repository.unpas.ac.id/27026/

Sari, Shinta. Dkk. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika [Online], Vol 3, 6 halaman. Diakses tanggal 11 September 2017

http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1190/882

Wewe, Melkior. 2017. The Effect Of Problem Based Learning Model And Mathematic-Logical Intelligence Toward Mathematics Learning Achievement. Journal of Education Technology [Online], Vol 1, 5 halaman. Diakses tanggal 11 September 2017

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/10079

Rumasoreng, Muhammad Irfan dan Sugiman. 2014. Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Soal Setara UN Di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika [Online], Vol 1, 13 halaman. Diakses tanggal 4 September 2018

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2661/2214

Sari dan Surya 2017. Efektivitas Penggunaan Teknik Scaffolding dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Swasta Al-Washiliyah Medan. Edumatika [Online], Vol 7, 10 halaman. Diakses tanggal 21 Maret 2018

https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/3863

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Damayanti, S., Danugiri, D., & Sopiany, H. N. (2021). SINERGITAS TEKNIK SCAFFOLDING DENGAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2121

Terbitan

Bagian

Artikel