Deskripsi Kemampuan Berpikir Analitis Materi Bangun Datar Segiempat Pada Siswa SMP

Penulis

  • Veni Aprilia Dwi Astuti Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ramlah Ramlah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analitis siswa SMP kelas VIII pada materi bangun datar segiempat. Hal ini dilatarbelakangi kemampuan berpikir analitis siswa masih pada kategori rendah. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subyek dalam artikel ini sebanyak 26 siswa kelas IXG tahun pelajaran 2019/2020 disalah satu SMPN di Kabupaten Karawang. Instrumen yang digunakan berupa soal essay kemampuan berpikir analitis sebanyak satu soal dengan mencakup 3 indikator: membedakan, mengorganisasi, dan mengatribusikan. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan kemampuan berpikir analitis siswa berdasarkan kategori: rendah 84,62% (22 siswa); sedang 15,38 % (4 siswa); dan tinggi 0% (0 siswa). Siswa yang kemampuan rendah disebabkan ketidakpahaman pada ketiga indikator berpikir analitis, sedangkan kemampuan sedang sudah mampu membedakan, mengorganisasi serta mengatribusikan tetapi masih kurang tepat, dan tidak ada siswa yang kemampuan tinggi disebabkan belum mampu mengerjakan sesuai indikator dengan baik dan benar. Disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar segiempat dalam kategori rendah.


Kata kunci:
Berpikir Analitis, Kualitatif, Bangun datar segiempat

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. JPManper, 38-48.

Azwar, S. (2012). Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ilma, R., Hamdani, A. S., & Lailiyah, S. (2017). Profil Berpikir Anlitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. JRPM, 1-14.

Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA . Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 142-155.

Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-Soal). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah Di SMA Negeri 18 Palembang. Gantang, 31-40.

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. JPPM, 40-49.

Rochman, S., & Hartoyo, Z. (2018). Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Menganalisis. SPEJ, 78-88.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Terbitan

Bagian

Artikel