Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial

Penulis

  • Anggita Melati Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Kemampuan memahami konsep bertujuan agar siswa paham dan mahir cara atau rumus yang bisa digunakan dalam penyelesaian masalah matematika. Aritmatika sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang permasalahan sosial pada kehidupan sehari-hari. Namun, pada faktanya masih banyak siswa yang belum paham mengenai materi ini dikarenakan siswa belum mengerti manfaat dari aritmatika sosial. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya agar siswa mengerti pentingnya materi aritmatika sosial secara nyata. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 dari 37 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cikarang Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Sedangkan proses penentuan subjek penelitiannya menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan 4 soal uraian matematika yang mengacu pada indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, siswa kesulitan dalam menyajikan konsep dalam berbagai representasi pada sub bab potongan harga atau diskon pada materi aritmatika sosial.

Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Aritmatika Sosial, Matematika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Putri, A. M., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7676