Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Authors

  • Dewi Anggraeni Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika sangatlah penting, karena dengan
berpikir kritis matematis, siswa dapat memikirkan, menganalisa informasi, dan membuat
keputusan berdasarkan sikap logis. Siswa juga akan mampu menyelidiki dan menentukan
pemecahan yang sesuai dengan mengambil solusi pemecahan masalah yang paling efektif.
Dengan begitu siswa perlu memiliki kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII
SMP dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 3 dari 31 siswa kelas VIIIJ SMPN 6 Karawang Barat. Pengambilan data diperoleh melalui pemberian tes soal uraian
mengenai materi persamaan linear dua variabel dan juga hasil dari tes wawancara. Dari hasil
penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis
dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII-J SMPN 6
Karawang Barat sudah termasuk kategori tinggi. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya
jumlah siswa yang termasuk kedalam kategori tinggi. Hanya terdapat sedikit siswa yang
termasuk kategori sedang dan juga kategori rendah. Siswa dengan kategori kemampuan
berpikir kritis tinggi mampu memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis. Siswa dengan
kategori kemampuan berpikir kritis sedang hanya mampu memenuhi 3 indikator dan siswa
dengan kategori kemampuan berpikir kritis rendah tidak memenuhi keempat indikator
berpikir kritis matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-15

How to Cite

Anggraeni, D., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7750

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>