Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjektif penelitian diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan pedoman wawancara dengan teknik analisis data interaktif dan Huberman. Instrumen tes berupa 5 soal sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) yang diberikan kepada 33 siswa kelas X di salah satu SMA Kabupaten Bekasi dengan maksud untuk mengelompokkan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Lalu dilakukan wawancara dengan subjek penelitian yaitu 1 siswa dari kategori tinggi, sedang dan rendah untuk lebih menggali kemampuan berpikir kreatif matematis dalam menyelesaikan soal tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh adalah siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis tinggi dapat memenuhi 4 indikator, siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis sedang dapat memenuhi 3 indikator dan siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis rendah hanya memenuhi 1 indikator. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X di salah satu SMA Kabupaten Bekasi dalam menyelesaikan permasalahan sistem persamaan linear tiga variabel masih tergolong rendah.