Universitas Singaperbangsa KATEGORISASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 1 TELUK JAMBE TIMUR

Authors

  • Ajeng Aprillia Nur Hikmah Universitas Singaperbangsa
  • Agung Praseyo Abadi Universitas Singaperbangsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkategorikan kemandirian belajar dalam mata pelajaran matematika siswa pada kurikulum 2013. Jenis penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-D di SMP Negeri 1 Teluk Jambe Timur yang berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ialah penyebaran angket kemandirian belajar, angket di bagikan secara langsung kepada subjek penelitian yang terdiri dari 8 indikator dengan 18 pertayaan. Teknik pengkategorian data yang digunakan ialah rumus presentase jawaban siswa, yang menunjukan bahwa rata-rata secara keseluruhan tentang kemandirian siswa dalam belajar mata pelajaran metematika adalah 57,34% yang diperoleh dari hasil pengisian angket oleh 37 siswa. Hasil dari penyebaran angket membuktikan bahwa sebagian besar siswa di SMP Negeri 1 Telukjambe Timur sudah mampu untuk belajar mandiri. Akan tetapi, masih perlu ditingkatkan kembali atas bimbingan orang tua dan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-08-04

How to Cite

Nur Hikmah, A. A., & Abadi, A. P. (2023). Universitas Singaperbangsa KATEGORISASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 1 TELUK JAMBE TIMUR. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7690