Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika
Abstrak
Dalam pembelajaran matematika kemampuan komunikasi matematis sangat penting bagi siswa dalam proses pembelajaran. Kemampuan komunikasi juga guna untuk membantu siswa menyelesaikan masalah dan membuat juga sebagai alat untuk mengomunikasikan pikiran, tepat dan singkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 3 dari 40 siswa kelas VIII C Mts.Annida Al-Islamy. Pengambilan data diperoleh melalui pemberian soal uraian mengenai materi persamaan linear dua variabel dan juga hasil dari tes wawancara. Hasil penelitian yang didapat adalah sebanyak 10 siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi memenuhi 3 indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu Kemampuan mengekspresikan ide-ide matematis melalui lisan, tulisan, Kemampuan memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan, tulisan, dan Kemampuan dalam menggunakan istilah-istilah notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide-ide serta menggambarkan hubungan-hubungan dengan model-model situasi. 25 siswa dengan kemampuan komunikasi matematis sedang memenuhi 2 indikator yaitu Kemampuan mengekspresikan ide-ide matematis melalui lisan, tulisan dan Kemampuan memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan, tulisan. Sedangkan siswa dengan kemampuan komunikasi matematis rendah tidak memenuhi ke-3 indikator kemampuan komunikasi matematis. Maka dari itu, hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII C Mts. Annida Al-Islamy termasuk kedalam kategori sedang dilihat dari banyaknya jumlah siswa yang termaksud kedalam kategori sedang.